What is GCS – Glasgow Coma Scale – Level of Consciousness

Glasgow Coma Scale “GCS” adalah alat yang digunakan oleh penyedia layanan kesehatan untuk mengukur hilangnya kesadaran. Skor dari setiap bagian skala berguna untuk menggambarkan gangguan pada fungsi sistem saraf dan juga membantu penyedia layanan melacak perubahan. Ini adalah instrumen yang paling banyak digunakan untuk mengukur koma dan kehilangan kesadaran.

Apa itu Glasgow Coma Scale?

GCS - Skala Koma Glasgow
GCS – Glasgow Coma Scale

Glasgow Coma Scale (GCS) adalah alat yang digunakan untuk mengukur hilangnya kesadaran, sebuah sistem modern untuk “skor” atau mengukur seberapa sadar Anda.

Sistem modern ini mengukur tingkat kesadaran Anda dan cara Anda merespons instruksi dasar, yang diberikan dengan poin bernomor.

Para ahli di Universitas Glasgow di Skotlandia menemukan instrumen ini pada tahun 1974, sesuai dengan namanya (Glasgow Coma Scale), dan saat ini banyak digunakan dalam pengobatan.

POSTING UNTUK ANDA

Apa itu kesadaran?

Kalau kita berbicara tentang kesadaran, ia ada pada setiap orang atau makhluk, dan kesadaran inilah yang menjadikan seseorang hebat, yang membedakan manusia dengan hewan, karena tingkat kesadaran pada hewan terbatas atau bisa juga dipahami. Ada kemungkinan bahwa kesadaran pada hewan ditentukan untuk melakukan hanya satu fungsi.

Jika tingkat kesadaran anda tinggi maka anda bisa meraih lebih banyak kesuksesan dalam hidup, nyatanya hanya kesadaran manusia yang mampu mengantarkannya pada jalan pembebasan yang seharusnya menjadi tujuan pertama setiap makhluk hidup, dan juga wajib bagi setiap makhluk hidup. . .

Dalam konteks medis modern, kesadaran mempunyai tiga persyaratan. Apa yang perlu Anda waspadai:

  • Bangun: Bagian ini melibatkan suara dan sentuhan, ini melihat seberapa banyak Anda dapat bangun karena suara atau sentuhan. Inilah yang membedakan Anda dengan sekadar tidur dalam keadaan koma.
  • Peringatan: Ini melihat seberapa sensitif Anda terhadap orang yang Anda ajak bicara dan seberapa baik Anda memahami apa yang dikatakan orang lain, ini membantu Anda memahami apa yang terjadi di sekitar Anda.
  • Oriented: Artinya kamu mengenal dirimu sendiri, siapa dirimu, siapa namamu, hari apa, di mana tanah airmu, dll.

Kapan Glasgow Coma Scale digunakan?

GCS umumnya digunakan sebagai persyaratan atau sebagai bagian dari pemeriksaan neurologis. Dan juga berguna untuk kondisi lain seperti kehilangan kewaspadaan, cedera otak atau stroke, namun juga berguna untuk  cedera otak traumatis kronis atau alami .

GAX juga dapat bekerja untuk beberapa kondisi lain yang tidak melibatkan cedera, seperti gula darah rendah (hipoglikemia) karena merupakan alat pengukur kadar.

Apa yang diukur oleh Glasgow Coma Scale?

Pemeriksaan neurologis mendeteksi masalah apa pun pada bagian penting saraf atau sistem Anda .

Dan GCS memiliki tiga kategori yang berlaku selama pemeriksaan neurologis ini. Kebanyakan dari ini hanya berlaku untuk pemeriksaan otak.

Namun beberapa tes juga dapat mempengaruhi sumsum tulang belakang dan saraf di seluruh tubuh manusia, yang telah kita bahas di bawah ini dan dalam kondisi apa tes tersebut dapat diterapkan:

  • Reaksi mata: Ini menunjukkan seberapa waspada Anda, seberapa baik penglihatan Anda.
  • Respon motorik: Bagian ini mengukur gerakan otak dan otot tubuh untuk melihat seberapa baik otak Anda dapat mengendalikannya. Selain itu, hubungan antar bagian tubuh lainnya juga diukur.
  • Respon verbal: Tes ini mengukur beberapa kemampuan otak utama untuk melihat seberapa baik otak Anda bekerja, termasuk kemampuan berpikir, memori, rentang perhatian, dan kesadaran.

Laporan audit

Bagaimana cara kerja Glasgow Coma Scale?

GCS – Glasgow Coma Scale

Untuk mendapatkan skor GCS, penyedia mengambil skor dari ketiga kategori tersebut dan kemudian menjumlahkannya. Penyedia layanan kesehatan yang baik akan memeriksa ketiga kategori ini dengan berbagai cara dan kemudian sampai pada kesimpulan akhir.

Misalnya, mereka akan menanyakan berbagai pertanyaan, seperti siapa nama Anda, di kota mana Anda tinggal, di mana nomor rumah Anda atau di sekolah mana Anda belajar, dll., beberapa dokter akan menanyakan hari atau tanggal berapa. minggu dia. Anda juga bisa menanyakan pertanyaan seperti itu, semua pertanyaan tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengetahui level GCS Anda.

Namun kegunaan terbaik GCS adalah untuk melacak tingkat kesadaran manusia. Namun penyedia layanan kesehatan Anda mungkin mengulangi pemeriksaan neurologis secara berkala untuk memantau secara akurat setiap perubahan skor GCS Anda dan untuk mendapatkan hasil akhir.

Ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang atau mungkin skor GCS Anda hanya diketahui dalam satu tes sehingga berbeda-beda pada setiap orang, di bawah ini kami telah menjelaskan jenis pedoman penilaian untuk beberapa kategori, silakan Baca dan ketahui:

Reaksi mata

Pada tes ini dilihat seberapa terjaganya anda dan seberapa baik penglihatan anda, juga dilihat seberapa besar reaksi reflek anda terhadap tekanan, jika anda tidak sadar maka seberapa waspada anda.

Banyak orang mungkin merasa bahwa tekanan berarti cedera serius, namun tidak demikian, di sini tekanan berarti sesuatu seperti cubitan atau pukulan ringan. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan sesaat yang sangat kecil dan cukup untuk membuat mata Anda bereaksi.

Tanggapan secara lisan

Penyedia memeriksa hal ini dengan mengajukan pertanyaan yang menguji ingatan Anda, kemampuan berpikir dan kesadaran akan dunia di sekitar Anda. Penyedia layanan kesehatan Anda juga dapat menggunakannya untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah otak atau saraf yang memengaruhi kontrol wajah dan mulut Anda.

Respon motorik

Bagian ini dapat mengungkap masalah apa pun yang berkaitan dengan hubungan antara saraf, sumsum tulang belakang, dan otak Anda. Ini juga menguji kemampuan otak Anda untuk mengontrol gerakan otot dan seberapa baik Anda dapat memahami dan mengikuti instruksi.

Apa itu GCS-P?

GCS - Skala Koma Glasgow
GCS – Glasgow Coma Scale

Pada tahun 2018, sebuah eksperimen dilakukan di mana tim ahli – termasuk beberapa pencipta asli GCS – menerbitkan versi terbaru “GCS” yang diberi nama “GCS-P”.

P berarti “Pupil”, seperti pupil mata seseorang. Ada angka keempat yang dikurangi oleh penyedia layanan dari skor GCS standar.

Beberapa siswa mengikuti tes ini dimana reaksi mereka penting, dan dalam tes ini sinyal fungsi otak diperiksa. Skalanya berkisar dari 0 hingga 2. Jika pupil Anda tidak merespons paparan cahaya, berarti ada masalah atau cedera serius yang memengaruhi otak Anda.

Proses pengukuran ini memiliki total 3 level mulai dari 0 sampai 2, yaitu:

  • 2: Tidak ada pupil yang bereaksi setelah terkena cahaya.
  • 1: Pupil yang satu tidak bereaksi terhadap cahaya, sedangkan pupil yang lain bereaksi.
  • 0 : Kedua pupil langsung bereaksi terhadap cahaya.

Apakah pemeriksaan neurologis menggunakan Glasgow Coma Scale termasuk nyeri?

Dalam istilah modern, GCS tidak melibatkan rasa sakit apa pun, namun deskripsi lama menggunakan kata “nyeri” untuk menguji refleks tertentu, yang jelas-jelas tidak benar. Namun pedoman baru tersebut mengubah kata tersebut menjadi “tekanan”.

Dan perubahan ini lebih akurat dibandingkan istilah lama karena GCS tidak melibatkan cedera atau nyeri serius, dan tidak ada penyedia layanan kesehatan yang benar-benar mencoba menyebabkan cedera atau nyeri serius pada pasien Anda.

Seperti yang telah kami katakan, ini hanyalah instruksi respons ringan ke otak mengenai bagaimana bagian tubuh tersebut berfungsi dengan respons tersebut.

Di masa lalu, pedoman GCS yang asli pun tidak menjelaskan secara pasti di mana dokter harus melakukan tes GCS. Setelah itu, total 1 tahun setelah terbitnya GCS, pembuatnya menerbitkan panduan detail poin-poin apa saja yang akan ditekankan oleh penyedia, sudah kami jelaskan di bawah ini, silahkan dibaca juga:

  • Dasar kuku: Kuku jari tangan dan kaki bereaksi berbeda terhadap tekanan, sehingga dokter sering kali memberikan tekanan pada kuku tersebut selama pemeriksaan neurologis untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap tekanan.
  • Otot trapezius: Otot ini menghubungkan bahu manusia dengan bagian tengah leher dan punggung. Oleh karena itu, ini adalah otot yang sangat baik untuk mendistribusikan tekanan dan otot yang akurat untuk diuji.
  • Supraorbital Notch: Ini adalah lekukan kecil pada tulang tengkorak tepat di atas mata dan tepat di bawah alis, yang sering diperiksa untuk penyakit sinus. Dengan memberikan tekanan pada bagian ini, terjadi reaksi di dalam tubuh. , seperti air jatuh dari mata atau sakit kepala.

Apa hubungan kesadaran dengan tubuh?

Kesadaran merupakan sesuatu yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup namun tidak diketahuinya, dan makna hidup manusia adalah membawa kesadarannya ke tingkat yang terbaik, untuk itu perlu dilakukan yoga secara rutin, namun di zaman sekarang ini orang-orang Hal tersebut tidak mungkin dilakukan karena karena kurangnya waktu.

Dan inilah alasan mengapa saat ini kebanyakan orang sibuk karena umurnya yang pendek dan masa hidupnya berakhir, serta banyak penyakit yang masuk ke dalam tubuh, namun jika Anda mengikuti saran kami dan merawat tubuh Anda dengan baik. Jadi Anda tidak akan pernah menderita penyakit apapun dan tidak memerlukan tes seperti GCS.

Catatan dari Klinik Cleveland

Glasgow Coma Scale adalah alat sederhana yang digunakan dokter untuk mengukur tingkat kesadaran atau hilangnya kesadaran dalam keadaan koma. Diproduksi sekitar 50 tahun yang lalu namun masih banyak digunakan hingga saat ini karena beberapa perbaikan telah dilakukan dari waktu ke waktu, dan diharapkan kedepannya dapat dibuat lebih modern, perangkat ini merupakan alat diagnostik yang berguna. Peralatan sudah siap. Karena penggunaannya membantu penyedia layanan melacak perubahan fungsi otak dengan lebih sedikit rasa sakit. Oleh karena itu, Anda juga harus memiliki lebih banyak informasi tentangnya karena ini adalah alat penting dalam yoga modern kita.

AKHIR

Pada artikel ini saya telah berbagi dengan Anda beberapa informasi penting tentang GCS, dan saya harap Anda telah memahami semuanya tentang itu, jika Anda memiliki pertanyaan, Anda juga dapat bertanya kepada kami dengan berkomentar, Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda dalam waktu 24 jam , dan tandai kami untuk tips kesehatan serupa.

Tinggalkan komentar