Sinusitis Adalah – Gejala, Penyebab, Bahaya, & Pengobatannya

Sinusitis adalah penyakit yang terjadi pada hidung yang juga dikenal sebagai Pratishyaya dalam Ayurveda. Selama musim dingin, seseorang mungkin mengalami hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri hebat di separuh kepala, hidung berair, semua gejala ini terlihat.

Artikel hari ini akan memberikan Anda informasi lengkap tentang Sinusitis, pada artikel kali ini kita akan mempelajari apa itu Sinusitis? Apa saja jenis penyakitnya dan bagaimana cara mengobatinya, simak terus artikel ini dan jangkau Doktertip.com sebanyak-banyaknya.

Apa itu Sinusitis? Sinusitis Adalah:-

Sinusitis Adalah, apa itu Sinusitis

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa Sinusitis merupakan salah satu penyakit dahak di hidung yang gejalanya muncul bermacam-macam, sehingga penderitanya harus menghadapi banyak kesulitan, baca di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Pada sinusitis, tidak hanya hidung yang tersumbat, selain itu juga terjadi aliran dahak yang berlebihan di hidung. Menurut ilmuwan Sushruta, jika tidak segera diobati, semua jenis penyakit sinusitis akan berubah menjadi ‘Catarrh jahat‘ yang menyebabkan penyakit lain juga ikut muncul.

Ada juga kepercayaan umum bahwa pada Sinusitis, tulang di dalam hidung membesar atau bengkok sehingga menyebabkan masalah pernapasan. Dalam situasi seperti ini, ketika udara dingin atau debu atau asap mengenai hidung pasien, orang tersebut menjadi sangat kesal.

Sebenarnya infeksi Sinusitis menyebabkan pembengkakan pada selaput sinus seseorang. Dan karena pembengkakan, sinus menjadi berisi nanah atau lendir, bukan udara, sehingga sinus menjadi tersumbat. Dan karena itu, rasa sakit mulai di dahi, pipi, dan rahang atas.

Namun bukan berarti Sinusitis hanya ada satu jenis saja, penyakit ini bisa bermacam-macam jenisnya, yang sudah kami jelaskan di bawah ini.

Sinusitis akut-

Pada penyakit jenis ini, gejalanya muncul secara tiba-tiba, dan menimbulkan rasa sakit pada orang yang terinfeksi selama dua hingga empat minggu.

Sinusitis akut sedang (Sinusitis sub akut) –

Pada sinusitis jenis ini, peradangan berlangsung selama empat hingga dua belas minggu, dan menyebabkan iritasi pada penderitanya.

Sinusitis Kronis

Pada tipe ini gejala penyakitnya berlangsung lebih dari dua belas minggu, dan dampaknya juga sangat serius.

Sinusitis berulang

Pada penyakit jenis ini, gejala Sinusitis muncul di tubuh seseorang sepanjang tahun dan merupakan suatu hal yang sangat serius.

Penyebab Sinus

Sinusitis Adalah, apa itu Sinusitis
Sinusitis Adalah, apa itu Sinusitis

Setiap penyakit didiagnosis dengan dua cara, yang pertama adalah dengan teknologi medis modern dan yang lainnya adalah dengan metode Ayurveda kuno. Dalam ilmu kedokteran modern, Sinusitis dikenal dengan istilah kronik dan akut. Dan dalam Ayurveda dikenal dengan istilah ‘Sinusitis Akut’ dan ‘Sinusitis Kronis’.

Penyebab utama penyakit ini adalah pilek, sebenarnya di kepala kita banyak terdapat lubang berlubang yang membantu orang tersebut dalam bernafas dan juga menjaga kepala tetap ringan.

Lubang-lubang ini disebut sinus. Ketika lubang-lubang ini tertutup karena suatu sebab atau timbul masalah lain yang menyebabkan penyumbatan di dalamnya, maka timbullah masalah Sinusitis.

Dan pori-pori ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, yang lebih parah lagi adalah bakteri, jamur, dll. Seperti yang telah kami katakan, sinusitis akut berlangsung selama dua hingga empat minggu, dan sinusitis kronis berlangsung selama 12 minggu atau lebih.

Pilek bukan satu-satunya penyebab, penyebab Sinusitis bisa banyak yang telah kami sebutkan di bawah ini, harap dibaca dengan seksama.

Dingin

Kami telah mengatakan bahwa pilek adalah penyebab umum yang terjadi pada sebagian besar pasien. Akibat kedinginan, air terus mengalir dari hidung atau hidung tersumbat sehingga menyebabkan orang tersebut kesulitan bernapas.

Walaupun pilek merupakan penyakit yang umum terjadi pada setiap manusia, namun sebaiknya jauhi orang yang terkena flu terus menerus, karena pilek merupakan salah satu jenis penyakit menular yang dapat menular dari satu orang ke orang lainnya.

Polusi

Polusi juga dapat menjadi penyebab utama penyakit Sinusitis lainnya, orang yang tinggal di tempat yang polusinya berlebihan dapat segera tertular penyakit ini, hal ini umumnya terjadi pada para buruh yang bekerja di pertambangan, Karena di pertambangan banyak sekali polusi, maka sebaiknya mengambil tindakan khusus. menjaga keselamatan. Partikel berbahaya langsung mengenai saluran pernafasan yang kemudian menimbulkan banyak penyakit seperti sinusitis, pilek, sakit kepala dll.

Alergi

Banyak orang menderita alergi karena banyak hal, seperti: udara luar yang terkontaminasi, atau bahan lain, dll, yang menyebabkan masalah ini semakin meningkat segera setelah mereka bersentuhan. Apalagi alergi hidung juga bisa disebabkan oleh cuaca. Terutama nyeri musim dingin, perubahan suara, sakit kepala dll merupakan hal yang lumrah, namun jangan dianggap remeh. Karena sinus mengetuk dengan gejala-gejala ini.

Makanan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak orang yang alergi terhadap makanan, jika ada kecerobohan dalam kebiasaan makan maka dapat menyebabkan penyakit Sinusitis. Gangguan pada pola makan, jumlah yang tidak terkontrol, dan kekurangan nutrisi menimbulkan masalah pada sistem pencernaan, dan masalah sederhana inilah yang kemudian mengundang sinusitis.

Gejala Sinus

Sakit kepala merupakan hal yang umum terjadi pada penyakit Sinusitis, namun selain itu masih banyak gejala lain yang menandakan penyakit Sinusitis yang telah kami sebutkan di bawah ini.

Selama sinusitis, pasien mungkin mengalami sakit kepala disertai demam dan kegelisahan yang menyebabkan pasien juga merasa gugup. Namun tidak serta merta demam hanya terjadi pada saat Sinusitis, jika dirasa merupakan penyakit sinus maka sebaiknya segera diobati.

Saat pasien masuk angin, perubahan suara juga terlihat; terkadang pasien sinus mengalami kesulitan dalam berbicara, sehingga pasien menjadi mudah tersinggung.

Kekuatan penciuman juga menjadi lemah. Sinusitis merupakan suatu penyakit karena penyakit ini menimbulkan penyumbatan pada pori-pori yang berlubang sehingga mempengaruhi daya penciuman. Dan pada kondisi ini, hidung pasien mengalami penyumbatan dan akibat pembengkakan, indera pasien tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sakit pada gigi juga merupakan gejala Sinusitis. Sakit pada gigi juga bisa terjadi akibat penyakit sinus. Pasalnya, cairan yang menumpuk di rongga sinus yang disebut sinus maksilaris (rongga berlubang dekat hidung) memberikan tekanan pada gigi atas. Meski banyak orang mungkin mengalami masalah gigi, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut hanya disebabkan oleh Sinusitis, jika Anda juga memiliki keraguan mengenai gigi maka sebaiknya tunjukkan ke dokter.

Kelelahan merupakan hal yang lumrah pada penyakit apapun, begitu pula pada penyakit Sinusitis, penderita merasa sangat lelah, sehingga penderita menjadi agresif karena akibat penyakit ini banyak gejala yang terlihat bersamaan seperti (sakit kepala, insomnia, sering hidung tersumbat).

Selain itu, batuk parah juga merupakan gejala utama, karena batuk juga dianggap sebagai gejala utama Sinusitis. Tenggorokan dan paru-paru pasien terkena penyakit yang mengundang batuk ini. Oleh karena itu, jangan anggap remeh gejala ini.

Tips Pencegahan Sinus

Untuk menghindari sinusitis, perlu dilakukan beberapa pengobatan seperti melakukan beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup. Kami telah menyebutkannya di bawah, silakan baca juga.

Makan apa ya

Meski banyak jenis makanan yang bermanfaat untuk sinus, namun bagi orang awam (kurma, kismis, apel, jahe kering, biji karom, asafoetida, bawang putih, labu kuning, labu kuning, moong, minumlah sup sayur segar. Selain itu, sebelum makan di pagi hari atau setelah makan Setelah ini, makanlah satu Amla setiap hari.

Kendalikan pola makan Anda selama infeksi. Sertakan biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, sayuran yang dimasak sebentar, sup dan minyak yang dibuat melalui proses pendinginan (Minyak zaitun), capsicum, bawang putih, bawang merah dan lobak dalam sup dan makanan Anda. , Ini membantu mengencerkan lendir berlebih dan mengeluarkannya.

Minumlah air secukupnya, jangan mengkonsumsi air yang terkontaminasi, minumlah air bersih (air saring) dalam jumlah banyak bila perlu, jika di daerah anda tidak tersedia air bersih maka saringlah air tersebut lalu diminum.

Ambil sepuluh hingga lima belas lembar daun kemangi, sehelai jahe, dan sepuluh hingga lima belas lembar daun mint. Giling semuanya dan rebus dalam segelas air. Bila airnya menyusut menjadi setengahnya setelah mendidih, saring dan minumlah setelah ditambahkan madu sesuai selera. Meminumnya dua kali sehari (pagi setelah makan dan sebelum tidur malam) dapat meredakan sinus.

Apa yang tidak boleh dimakan

Hindari makanan pembentuk lendir seperti tepung olahan, telur, coklat, gorengan, gula atau produk susu, kafein, air tebu, dadih, nasi, pisang, es krim, minuman dingin, dan terutama makanan pedas.

Jangan terlalu banyak bergerak di udara dingin atau menutup hidung dan mulut. Jika cuaca sangat dingin atau cuaca dingin di daerah Anda, maka mandilah dengan air hangat.

Pengobatan rumahan untuk sinus

Sinusitis Adalah, apa itu Sinusitis
Sinusitis Adalah, apa itu Sinusitis

Untuk menghindari penyakit apa pun, pengobatan rumahan terlebih dahulu dilakukan, dan untuk menghilangkan masalah Sinusitis, pengobatan rumahan juga dilakukan terlebih dahulu. Oleh karena itu, di bawah ini kami telah menyebutkan beberapa pengobatan rumahan yang terinspirasi oleh Ayurveda, yang dapat digunakan untuk mengurangi masalah Sinusitis sampai batas tertentu.

Manfaat Jahe dalam mengobati sinus

Senyawa aktif yang disebut gingerol ditemukan dalam jahe. Telah digunakan selama berabad-abad untuk meringankan masalah pencernaan dan pernafasan. Banyak anti-oksidan, vitamin dan mineral yang ditemukan di dalamnya.

Ini memperkuat respon imun tubuh. Berkat kekuatan tersebut, tubuh Anda menjadi mampu melawan berbagai jenis infeksi virus dan bakteri penyebab peradangan pada jaringan sinus.

Ini mengurangi reaksi alergi dan mencegah pertumbuhan jamur. Ini adalah agen antijamur. Aroma yang ditemukan dalam jahe membantu membersihkan lendir dari hidung dan juga meredakan nyeri yang berhubungan dengan sinusitis.

Penelitian telah menemukan bahwa jahe lebih baik daripada semua antibiotik untuk sinus. Jahe membunuh mikroba penyebab nyeri sinus. Iris akar jahe dan rebus dalam dua hingga tiga gelas air. Kemudian dinginkan selama 10 menit dan minum.

Manfaat Bawang Putih dalam mengobati sinus

Bawang merah dan bawang putih berfungsi sebagai ramuan untuk orang yang menderita sinus. Dengan memasukkan ini ke dalam makanan, membantu menghilangkan lendir yang terbentuk di dalam tubuh dan mengeluarkan lendir keluar dari tubuh.

Kandungan belerang dalam bawang bombay berfungsi sebagai anti bakteri untuk infeksi pilek, batuk, dan sinus. Aroma yang tercium saat memotong bawang juga memberikan banyak kelegaan pada sinus.

Untuk menggunakan bawang putih dan bawang merah, rebus keduanya dalam air dan kukus. Ini memberi Anda kelegaan dari nyeri sinus dan mengoleskannya pada area yang nyeri juga meredakan nyeri.

Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup memang bermanfaat.

Kekurangan air dalam tubuh dapat mengundang berbagai penyakit fisik, oleh karena itu disarankan untuk minum tiga hingga empat liter air sepanjang hari. Sirkulasi air membantu menghilangkan unsur-unsur beracun dari tubuh melalui feses dan urin.

Khasiat Kunyit untuk Sinusitis

Mencampur satu sendok teh kunyit dan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu dan meminumnya selama dua minggu akan memberikan kelegaan yang luar biasa.

Manfaat Lada Hitam untuk Sinusitis

Tambahkan satu sendok teh bubuk lada hitam ke dalam semangkuk sup dan minumlah perlahan. Lakukan ini dua-tiga kali sehari selama seminggu. Mengonsumsi lada hitam akan mengurangi peradangan sinus dan lendir akan mengering.

Manfaat Minyak Pohon Teh untuk Sinusitis

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi dan anti-mikroba, yang menghilangkan sakit kepala sinus dari akarnya. Tiga hingga lima tetes minyak pohon teh harus ditambahkan ke air panas dan uap dari air tersebut harus diambil. Melakukan ini dua hingga tiga kali sehari akan memberikan kelegaan yang cepat.

Manfaat Kayu Manis untuk Sinusitis

Kayu manis membantu menghancurkan mikroorganisme penyebab sinus. Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air hangat dan minum sekali sehari. Melakukan hal ini selama dua minggu pasti memberikan kelegaan.

Manfaat Tulsi pada Sinusitis

Meminum rebusan kemangi yang disiapkan dengan cara ini memberikan kelegaan. Caranya diberikan di bawah ini, bersama dengan video ini Anda juga akan mengetahui bagaimana Tulsi bermanfaat untuk sinus-

  • Daun kemangi – 11 lembar daun
  • Lada hitam – 11
  • Gula – 11
  • Jahe – 2 gram.
  • Air – 1 gelas

Persiapan dan cara penggunaan: Rebus semua bahan ini dalam 1 gelas air. Setelah menyusut menjadi setengahnya, saring dan minumlah selagi panas (panas sesuai kebutuhan minum) di pagi hari saat perut kosong. Jangan mandi selama 1 jam setelah minum.

Manfaat Lemon untuk Sinusitis

Peras satu buah lemon ke dalam segelas air dan tambahkan satu sendok madu ke dalamnya. Minumlah ini setiap pagi selama dua hingga tiga minggu. Lemon mempunyai khasiat meredakan nyeri sinus. Selain itu juga membersihkan pipa hidung.

Manfaat Fenugreek untuk Sinusitis

Tuangkan segelas air ke dalam wadah, tambahkan tiga sendok makan biji fenugreek ke dalamnya, lalu rebus. Kemudian kecilkan apinya selama 10 menit lalu minum teh ini dua hingga tiga kali sehari. Anda harus melakukan ini terus menerus selama seminggu.

Kapan seseorang harus pergi ke dokter?

Sinusitis Adalah, apa itu Sinusitis

Jika hidung tersumbat tidak kunjung membaik dalam 10 hari setelah menggunakan perawatan yang disebutkan di atas, konsultasikan dengan dokter. Ini mungkin merupakan gejala dari kondisi medis seperti alergi.

Konsultasikan dengan dokter jika warna atau tekstur sekret hidung Anda berubah, jika Anda mengalami demam ringan atau sakit kepala. Ini mungkin merupakan tanda infeksi sinus, yang mungkin memerlukan antibiotik untuk mengobati infeksinya.

AKHIR KATA:

Pada artikel kali ini kami telah memberikan informasi yang cukup tentang Sinusitis dan kami juga telah menceritakan beberapa pengobatannya, dan semoga bermanfaat bagi anda, jika anda mempunyai pertanyaan, anda dapat bertanya kepada kami melalui komentar. Dan terima kasih sudah menyukai DOKTERTIP.COM. Semoga harimu menyenangkan.

Tinggalkan komentar